Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

Kunjungan Kerja Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto di Kabupaten OKU

Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Mendampingi Kunjungan Kerja Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto di Kabupaten OKU dalam rangka Meninjau dan Menyalurkan Bantuan Penanganan Banjir Kabupaten OKU, Selasa, (28/05/2024).

Kegiatan ini diawali dengan meninjau ke daerah Kecamatan Ulu Ogan, dilanjutkan dengan Rakor Penanganan darurat bencana banjir dan longsor di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, Menyerahkam Bantuan kepada Kabupaten OKU, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten OKUS yang saat ini sedang ditimpa bencana alam.

Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dalam laporannya pada bencana banjir yang terjadi di Kabupaten OKU berdampak kepada rumah dan masyarakat di Kabuapten OKU, serta Fasilitas Umum lainnya.

Namun untuk saat ini masyarakat yang mengungsi sudah kembali menempati rumahnya masing-masing kecuali keluarga yang rumahnya hancur atau rusak berat.

Selain itu dampak banjir ini berdampak kepada fasilitas umum seperti jalan, jembatan gantung, jembatan besi, Fasilitas Pendidikan, Rumah Ibadah, Fasilitas kesehatan, Aktivitas Pemerintahan, Perkebunan, dan Peternakan.

Selanjutnya, di Kecamatan Ulu Ogan yang sampai saat ini akses masuk di beberapa desa juga mengalami gangguan karena masih menumpuknya material Lumpur batu dan lain-lain.

“Kami atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten OKU menyampaikan terima kasih kepada BNPB RI yang selalau mendampingi kami dan memberikan semangat, serta memberikan bantuan kepada kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto dalam sambutannya Menyampaikan Bahwa beberapa daerah di Indonesia sedang mengalami bencana alam, kita semua harus sepakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan.

“Mari kita bersama-sama bagaimana langkah yang harus kita lakukan. Tentunya kita harus berpikir selain karena curah hujan yang terjadi apa yang menjadi penyebab banjir ini. Kepada stakeholder terkait Mari kita bekerjasama agar kita dapat mengetahui sumber bencana ini dan dapat mengantisipasi agar bencana seperti ini kita harapkan tidak terjadi lagi,” imbuhnya.

Ditambahkannya kepada Pemerintah daerah sampai Desa agar selalu menginformasikan kepada masyarakatnya ketika cuaca buruk akan terjadi di daerahnya, sehingga masyarakat dapat selalu waspada dan cepat mencari tempat perlindungan jika sesuatu hal terjadi.

Turut hadir Deputi 3 BNPB RI, Dir.OJLP, Dir.Sosial Ekonomi, Koorspri KA BNPB, Ka.Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM, Kadin Kehutanan Prov.Sumsel, Kalaksa BPBD Prov.Sumsel, Sekda Muara Enim, OPD terkait Muara Enim, Kalaksa OKU Selatan, Kalaksa BPBD OKU Timur, Ka. Balai Besar Wil. Sungai Sumatera 8 Palembang, BPDAS Mus, Forkopimda OKU/mewakili, Asisten I & III, OPD terkait Kab. OKU, Man.PLN Kab.OKU.

(Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU)

Back to top