Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

Apel Pepenanaman Pohon Dan Pembagian Sembako Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78 Polres OKU

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah diwakili oleh Asisten II Setda OKU Hasan HD Menghadiri Apel Pepenanaman Pohon Dan Pembagian Sembako Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-78 Polres OKU bertempat di Desa Belandang Kec. Ulu Ogan Kab OKU, Kamis (13/06/2024).

 

PJ Bupati OKU yang di wakili oleh Asisten II Setda OKU Hasan HD dalam amanatnya menyampaikan bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu,

Saat ini, kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa kualitas lingkungan hidup telah mengalami penurunan.

Yang ditandai dengan penurunan kualitas udara, lahan di sekitar kita sering terlihat gersang, dan hutan mulai banyak yang rusak.

Akibatnya, pada musim hujan kita mengalami bencana banjir. Sebaliknya, pada musim kemarau kita mengalami kekeringan.

Ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan kita mulai rusak. Sehingga tidak berfungsi secara optimal.

Hutan yang rusak tidak dapat lagi berfungsi sebagai pengatur tata air bagi kehidupan kita. Ini berbahaya. Ini harus kita hentikan. Untuk masa depan bumi kita dan generasi muda yang akan datang.

Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di kabupaten ogan komering ulu beberapa waktu yang lalu, mempertegas bahwa kerusakan hutan dan ekosistemnya di kawasan hulu sungai sudah masuk pada tahap yang mengkhawatirkan.

Oleh karena itu kita harus segera melakukan langkah besar dengan merehabilitasi kawasan hutan dan lahan yang rusak, kemudian mengkonservasi hutan yang masih baik.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh melakukan langkah-langkah perbaikan lingkungan terutama pada wilayah hulu sungai dengan gerakan yang lebih masif dan melibatkan seluruh komponen dan pemangku kepentingan serta masyarakat yang lebih massal lagi dari sebelumnya,” imbuhnya.

Hari ini polres ogan komering ulu telah menginisaisi dimulainya gerakan penghijauan dan penanaman pohon pasca terjadi banjir bandang di kabupaten oku sebagai bagian dari rangkaian hut bhayangkara ke- 78 tahun 2024,

Untuk itu atas nama pemerintah kabupaten oku saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada kapolres oku beserta jajaran,

Harapan kita bersama, mudah-mudahan kegiatan hari ini akan menjadi pemantik bagi semua pihak untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ditambahkannya juga, pasca penanaman perlu dilakukan perawatan dan pengawasan bersama secara berjenjang, baik oleh pemerintah kabupaten melalui camat, kepala desa sampai ke tingkat rt, maupun oleh pihak tni dan polri.

Dalam kegiatan apel penghijauan dan penanaman pohon tersebut Polres OKU telah menyiapkan 530 Bibit yang terdiri dari beberapa jenis pohon.

Dalam kegiatan tersebut juga, Polres OKU juga membagikan bantuan sembako yang diberikan kepada 145 KK masyarakat Kec. Ulu Ogan.

Turut hadir Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU, Kajari OKU, Ketua PN Baturaja, Ka Dishub OKU, Kasat Pol PP OKU, Kalaksa BPBD OKU, Ka UPTD kehutanan OKU, Camat Ulu Ogan, Kabag Ops Polres OKU, Kasat Bimas Polres OKU, Wakil ketua Bhayangkari Cabang OKU, Kapolsek Ulu Ogan, Ketua Ranting Bayangkari Ulu Ogan, ketua pemuda Pancasila OKU, Ketua Mapala UNBARA serta para tamu undangan lainnya.

(Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU)

Back to top